Who's Online
Ada 17 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

Penyusunan Standar Automatic Train Protection (ATP)
Ditulis oleh Administrator   
Minggu, 03 Juni 2012
Saat ini peralatan proteksi kereta api otomatis atau Automatic Train Protection (ATP) menjadi sangat penting mengingat banyaknya kecelakaan kereta api akibat kelalaian seorang masinis. Data dari Kementerian Perhubungan menunjukkan bahwa pada tahun 2011 total terjadi 55 kecelakaan kereta api.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan diminta untuk segera melengkapi infrastruktur perkeretaapian dengan peralatan ATP. Hal ini berguna untuk mengurangi atau melakukan pencegahan terhadap kecelakaan kereta api. Namun demikian, sebelum dilakukan pemasangan ATP, Kementerian Perhubungan terlebih dahulu perlu menyusun standar ATP yang akan dipasang di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Direjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada tanggal 18-19 Januari 2012 melaksanakan workshop tentang penyusunan standar ATP untuk dipasang di Indonesia. Dalam workshop tersebut diundang beberapa vendor dari Jerman, Swedia, Kroasia dan Jepang untuk memberikan pandangan mengenai peralatan ATP yang cocok untuk di Indonesia. Selain itu, Kemenhub juga turut mengundang perwakilan dari Kemenristek, BPPT, PT. KAI, PT. LEN, PT. Dardela Yasa Guna untuk memberikan masukan dalam penyusunan standar ATP di Indonesia.

Kementerian Riset dan Teknologi yang diwakili oleh Erry Ricardo Nurzal, Asisten Deputi Produktivitas Riset Iptek Industri Kemenristek, beserta tim hadir untuk memberikan masukkan dan pandangan. Beberapa masukan penting yang disampaikan oleh perwakilan Ristek adalah pentingnya mengutamakan industri dalam negeri yang mempunyai kemampuan dalam teknologi ATP untuk berkontribusi dalam pengembangan dan produksi peralatan ATP.

Jika dalam waktu dekat kemungkinan menggunakan produk teknologi dari luar, maka penting untuk dilakukan proses transfer teknologi terkait teknologi ATP. Kementerian Riset dan Teknologi akan memberikan dukungan dalam pengembangan teknologi ATP yang dilakukan secara konsorsium yang melibatkan Kemenhub, Industri Nasional, Perguruan Tinggi dan LPNK.

Dalam workshop tersebut disepakati beberapa hal terkait kriteria peralatan ATP yang akan di implementasikan di Indonesia, kesediaan Kemenhub untuk memfasilitasi uji coba sistem ATP yang pengembangannya didukung oleh Kemenristek, dan kesediaan PT KAI untuk membantu pelaksanaan uji coba dan pilot project sistem ATP di Indonesia. (ms/ad5-dep4/humasristek)

http://202.46.15.98/index.php/module/News+News/id/10205

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014