Who's Online
Ada 10 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

BI Siapkan Sistem Logistik Berbasis Kereta Api
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 29 Maret 2014
TEMPO.CO , Bandung - Bank Indonesia (BI) berencana merumuskan sistem distribusi logistik nasional menggunakan jasa kereta api. Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, pihaknya meyakini cara tersebut dapat mengefisienkan biaya dan waktu distribusi tiap perusahaan.

"Perusahaan mesti menyiapkan gudang dekat dengan stasiun pengangkatan logistik," ujar Ronald di Bandung, Rabu, 26 Maret 2014. Dia meyakini langkah tersebut merupakan cara efektif, karena kereta api dinilai dapat mengangkut logistik dengan kuota yang besar. "Kami menilai sejumlah perbaikan kualitas yang dilakukan PT KAI, sudah layak untuk dapat menganggkut beban besar," katanya. (Baca: Biaya Logistik Terkerek Aneka Pungli dan Monopoli)

Apalagi jalur kereta api di pulau Jawa mampu mengirimkan barang sampai ke tujuan. Kebijakan itu tengah dirumuskan, karena BI menganggap ada pemborosan dana jika distribusi antarkota masih dilakukan menggunakan roda empat. Pemerintah jelas dirugikan karena mesti menyiapkan dana memperbaiki infrastruktur jalan yang kerap disebabkan oleh kendaraan angkutan besar, kata Ronald. (Baca: Pelindo III Aktifkan Lagi Jalur Kereta Barang)

Rektor Universitas Padjadjaran Bandung Gandjar Kurnia mengatakan, salah satu kemajuan negara dapat dilihat dari perkembangan sistem perkeretaapian. "Ingat, hampir semua kereta api yang dimiliki kita merupakan warisan Belanda," ujar dia. Tidak hanya itu, melalui penelusurannya, Ganjar menilai jumlah jalur kereta api semakin mengerucut.

Ganjar melanjutkan, pemerintah bertanggung jawab mengkaji dan berpikir untuk mengefisienkan distribusi logistik. Jika masih menggunakan kendaraan, pemerintah ikut dirugikan. Alasannya, bahan bakar kendaraan roda empat ikut disubsidi oleh pemerintah. "Daripada terus-terusan perbaiki jalan, lebih baik duitnya kita pakai untuk pengembangan kereta api," katanya.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/03/27/090565681/BI-Siapkan-Sistem-Logistik-Berbasis-Kereta-Api

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014