Who's Online
Ada 5 tamu sedang online


Our Partners
MGC
JTC
Nippon Koei
LAPI ITB
SMEC INTERNATIONAL


Jumlah Pengunjung



Artikel Favorit

 

 











 

 

home mail

Pemenang tender konsultan MRT diumumkan
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 04 Juli 2007
Departemen Perhubungan akan mengumumkan hasil prakualifikasi (PQ) konsultan teknik proyek mass rapid transit (MRT) jalur Lebak Bulus-Dukuh Atas Jakarta pada bulan Juli.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan Sugiadi Waluyo mengatakan pengumunan itu merupakan hasil seleksi terhadap tiga perusahaan konsorsium konsultan dari Jepang dan Indonesia.

"Hasil seleksi dari tim lelang itu akan kami kirimkan kepada JBIC [Japan Bank for International Cooperation] untuk disetujui," ujarnya baru-baru ini.

Saat ini, menurut dia, pihaknya tinggal menyelesaikan evaluasi terhadap tiga perusahaan konsultan yang tergabung dalam konsorsium Nippon Koei, Pacific Consultants International (PCI), dan Katahira & Engineers International.

Ketiga perusahaan tersebut, papar Sugiadi, juga menggandeng perusahaan lokal agar lolos menjadi konsultan layanan teknik MRT sesuai yang disyaratkan dalam perjanjian pinjaman antara Indonesia dan Jepang.
Sugiadi menyebutkan ketiga perusahaan Jepang itu merupakan gabungan beberapa perusahaan dari Jepang dan Indonesia yang berminat menjadi konsultan pelayanan teknik MRT Jakarta. "Dari domestik, ada LAPI ITB, Wiratman, dan Jaya Car."

Sesuai perjanjian, lingkup pekerjaan konsultan pelayanan teknik MRT itu terbagi menjadi tiga bagian, yakni membuat desain teknik, manajemen, dan melaksanakan tender asistensi MRT.
Sugiadi mengungkapkan jika ketiga perusahaan konsultan Jepang itu dinyatakan lolos, maka pihaknya akan meminta persetujuan (no objection letter/NOL) ke Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

Saat ini, tim Special Assistance for Project Implementation (SAPI) telah bekerja di Jakarta membantu proses seleksi dan tender konsultan proyek MRT yang sudah digelar sejak bulan lalu.

Sesuai roadmap (peta jalan) proyek MRT, ungkap Sugiadi, pekerjaan konstruksi MRT akan dimulai paling lambat Juni 2010 dan diharapkan selesai pada Agustus 2014. Komite MRT bersama tim SAPI akan memonitor 11 tugas utama bagi percepatan pembangunan MRT tersebut. Beberapa tugas utama itu sebagian besar akan ditangani oleh Pemprov DKI Jakarta dan hanya sebagian kecilnya ditangani pemerintah pusat.

Berpengalaman

Adi Hendriyono, staf pada Ditjen Perkeretaapian Dephub mengungkapkan dari tiga konsorsium konsultan yang mengincar proyek MRT senilai sekitar Rp9 triliun itu, hanya dua konsorsium yang pernah menangani langsung proyek yang sama di negara lain.

Kedua konsorsium itu adalah Katahira & Engineers International yang pernah menangani proyek MRT di Manila, Filipina, dan Pacific Consultants International (PCI) yang menggarap MRT di Bangkok, Thailand.

"Nippon Koei juga berpengalaman, tapi hanya menjadi subkonsultan pada proyek MRT di Manila bergabung dengan Katahira," kata Adi.

Dia mengungkapkan meski hanya dua konsultan yang berpangalaman secara langsung, tapi pihaknya belum bisa menyimpulkan Nippon Koei tak berpengalaman secara langsung.

"Karena Nippon Koei pasti sudah mempersiapkan diri sejak awal sebelum ikut serta dalam lelang konsultan teknik MRT jalur Lebak Bulus-Dukuh Atas," ungkap Adi.

Dia memaparkan konsorsium Katahira & Engineers International beranggotakan Hasfarm Dian Konsultan, C.Wayner, Delta Tana Waja, dan IKU Consultant.

Konsorsium Nippon Koei memiliki anggota Japan Transportation Consultants Inc, JEC Consultant Corp, Jaya Car, Dardela Yasa Guna, IDK Consultant Ltd, Wiratman, Barbara Raye Consulting, dan LAPI ITB.

Sementara itu, konsorsium Pacific Consultants International beranggotakan Japan Railway Technical Service (JARTS), Metro Consultant, Padeco Consultant Co., IEC, Indonesian Railway Consultant (IREC) Rekayasa, PT Kutami, dan PT Pamintori Cipta.

Sumber: Bisnis.com
alamat: http://web.bisnis.com/edisi-cetak/edisi-harian/transportasi-logistik/1id11739.html

Terakhir diperbaharui ( Rabu, 04 Juli 2007 )

 
 
  PT. Dardela Yasa Guna - Jakarta - Indonesia © copyright 2006 - 2014